Satuan
Pendidikan : SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN (SMK)
Nama Sekolah : SMK NEGERI 1 KEPANJEN
Mata Pelajaran : JARINGAN DASAR
Materi Pokok : KONSEP TEKNOLOGI JARINGAN KOMPUTER
Kelas / Semester : X (SEPULUH) / 1 (SATU)
Tahun
Pelajaran : 2016
Alokasi Waktu : 3 X 45 MENIT
Pertemuan : 1
A. Kompetensi Inti
(KI)
KI-1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
KI-2. Menghayati dan Mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI-3. Memahami,menerapkan
dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan
rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
KI-4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik
dibawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar
KD.1.1 Memahami nilai-nilai luhur dengan menyadari hubungan
keterkaitan dan kompleksitas lingkungn serta alam terhadap kebesaran Tuhan Yang
Maha Esa.
KD.1.2 Mengamalkan
nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari,
hati-hati dalam mengambil keputusan,
KD.2.1 Menunjukan
perlilaku bertanggung jawab, terbuka, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan.
Sebagai wujud rasa syukur untuk menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.
KD.2.2 Menghargai
kerja individu serta kelompok dalam aktivitas sehari-hari dalam wujud penerapan
dan pelaksanaan percobaan untuk melaporkan hasil percobaan.
KD.3.1 Memahami konsep jaringan komputer.
KD.4.1 Menyajikan kebutuhan jaringan suatu
organisasi.
C. Indikator
1. Menjelaskan macam-macam teknologi jaringan
komputer berdasarkan karakteristiknya.
2. Memahami konsep jenis-jenis teknologi
jaringan komputer PAN, LAN, MAN, dan WAN.
D.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
melakukan proses pembelajaran siswa diharapkan dapat:
1.
Menentukan
fungsionalitas teknologi jaringan komputer dengan perilaku jujur, disiplin,
teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif, responsive dan tanggung jawab.
2.
Menjelaskan
konsep teknologi jaringan komputer dengan perilaku jujur, disiplin, teliti,
kritis, rasa ingin tahu, inovatif, responsive dan tanggung jawab.
3.
Menerapkan
konsep teknologi jaringan komputer dengan perilaku jujur, disiplin, teliti,
kritis, rasa ingin tahu, inovatif, responsive dan tanggung jawab.
E. Materi Pembelajaran
Konsep teknologi
jaringan komputer
1.
Mendefinisikan konsep teknologi jaringan komputer
1.1 PAN (Personal Area Network)
1.2 LAN (Local Area Network)
1.3 MAN (Metropolit Area Network)
1.4 WAN (Wide Area Network)
2. Menyebutkan
karakteristik masing-masing konsep teknologi jaringan komputer
3. Menyebutkan
fungsi masing-masing konsep teknologi jaringan komputer
4. Merancang
ilustrasi sederhana masing-masing konsep teknologi jaringan komputer
F. Model dan Strategi pembelajaran
1. Strategi :
Contextual Teaching
Learning
2. Model :
Inquiri
3. Metode :
Mengamati masalah, Mendiskusikan, Menanya,
Mengajukan dugaan, Penyimpulan
G. Skenario Pembelajaran
NO
|
Tahapan
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|||||||||||||
Guru
|
Siswa
|
|||||||||||||||
1
|
Pendahuluan
1.
Doa dan Salam
2.
Motivasi
3.
Apersepsi
4.
Pembahasan materi
|
1. Guru memberikan salam kepada
Siswa serta memimpin berdoa dengan khidmat dan tenang.
2. Guru memberikan motivasi agar
siswa semangat untuk menerima pelajaran dan menyampaikan strategi yang tepat
yang digunakan dalam pembelajaran.
3. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran dan memberikan penjelasan manfaat materi yang diajarkan secara
santun dan lembut.
4. Guru menyampaikan pokok materi
yang diajarkan dengan santun dan bertanggung jawab.
|
1. Siswa mejawab salam guru, dan
berlanjut untuk sopan dan santun serta tenang.
2. Siswa mengamati, menalar,
merespon dan menangkap motivasi yang disampaikan serta mempersiapkan strategi
yang dgunakan dalam pembelajaran.
3. Siswa mendengarkan guru dan
mempersiapkan bahan dan komponen pendukung pembelajaran dengan santun.
|
|
||||||||||||
2
|
Kegiatan
Inti
Menjelaskan:
1.
Mengenalkan berbagai jenis konsep Teknologi jaringan Komputer.
.
Mengamati:
1.
Identifikasi karakteristik konsep teknologi jaringan komputer
Menanya:
1.
Mendiskusikan karakteristik dan konsep
teknologi jaringan komputer
2.
Mendiskusikan bagaimana cara kerja dan fungsi konsep teknologi jaringan
komputer
Komunikasi:
1.
Menyampaikan hasil dari diskusi karakteristik dan cara kerja konsep teknologi
jaringan komputer
2.
Menyampaikan Kesimpulan dari materi yang telah diajarkan
|
1. Guru menyampaikan materi pengenalan konsep teknologi jaringan Komputer meliputi PAN, LAN, MAN, WAN dengan benar dan tanggung jawab.
1. Guru memberikan intruksi kepada identifikasi karakteristik konsep teknologi jaringan
komputer dengan jujur dan benar.
1. Guru memberikan kesempatan pada murid untuk bertanya mengenai karakteristik konsep teknologi jaringan
komputer dengan sopan dan santun.
2. Guru memberikan kesempatan pada murid untukbertanya mengenai cara
kerja dan konsep teknologi jaringan
komputer dengan sopan dan santun.
1. Guru memberikan Intruksi kepada para siswa untuk menyampaikan hasil
dari diskusi karakteristik dan
cara kerja konsep teknologi jaringan komputer dengan sopan dan santun.
2. Guru menyampaikan kesimpulan serta manfaat dari materi konsep teknologi jaringan komputer dengan
jelas, sopan dan santun serta bertanggung jawab.
|
1.
Siswa mengamati, menanya, menalar materi dari guru yang memberikan materi
pengenalan konsep
teknologi jaringan Komputer meliputi PAN, LAN, MAN
secara responsive, proaktif dan tanggung jawab.
1. Siswa melakukan identifikasi
karakteristik konsep teknologi jaringan komputer dengan jujur dan bertanggung
jawab.
|
|
||||||||||||
3
|
Penutup
1.
Pembacaan doa dan penutup dari materi yang disampaikan.
|
1.
Guru memberi intruksi kepada para siswa untuk mengakhiri kegiatan belajar
denga sopan santun dan khidmat.
|
1.
Siswa menyeleasikan proses belajar dan merapikan alat dan bahan pendukung
belajar, serta pembacaan doa dengan khidmat dan bertanggug jawab.
|
3 menit
|
H. Sumber Belajar dan Media Pembelajaran
1. Media
a. Modul Pembelajaran
b. Video Ilustrasi
2. Alat dan Bahan
a. Komputer/PC
b. LCD/Proyektor
c. Slide power point
3. Sumber Belajar
a. Buku pedoman
b. Materi sumber belajar dari guru
c. Media cetak/elektronik
d. Lingkungan sekitar
I. Perangkat Evaluasi
Bentuk Instrumen
a. Soal dan Jawaban Tes
uraian
Terlampir : (Lampiran
Soal dan Jawaban)
b. Pengamatan Sikap
Terlampir : (Lampiran
Pengamatan Sikap)
c. Pengamatan Ketrampilan
Terlampir : (Lampiran
Pengmatan Ketrampilan)
Lampiran
: Soal dan Jawaban Tes Uraian
Kompetensi : PENGETAHUAN
Bentuk
Penilaian : TES TULIS
Nama
Sekolah : SMK NEGERI 1
KEPANJEN
Mata Pelajaran : JARINGAN DASAR
Materi Pokok : KONSEP TEKNOLOGI JARINGAN KOMPUTER
Kelas
/ Semester : XI (SEBELAS) / 1
(SATU)
Tahun Pelajaran : 2016
Alokasi Waktu : 3 X 45 MENIT
Pertemuan : 1
Tanggal
Pelaksanaan : 28 JULI 2016
1. Kompetensi Dasar
1.1 Memahami konsep jaringan
komputer
1.2 Menyajikan kebutuhan jaringan
suatu organisasi.
2. Indikator
2.1
Siswa dapat menjelaskan macam-macam teknologi jaringan komputer berdasarkan
karakteristiknya.
2.2 Siswa dapat memahami konsep
jenis-jenis teknologi jaringan komputer PAN,
LAN,
MAN, dan WAN.
3. Instrumen Soal
a. Sebutkan konsep sederhana
LAN atau Local Area Network?
b. Apakah nama istilah lain
dari WAN atau Wide Area Network?
c. Disebut apakah jaringan komputer
yang meghubungkan perangkat-perangkat
pribadi seperti printer, desktop, laptop, smartphone dalam suatu area
pribadi?
d. Jelaskan konsep sederhana dari
MAN atau Metropolitan Area Network?
e. Jelaskan pegertian dari Internet?
4. Kunci Jawaban
a. Kumpulan
beberapa komputer yang terdapat pada suatu ruangan atau area yang
tidak terlalu luas, dan saling terhubung
antara satu komputer dengan komputer lain.
b.
Internet
c. PAN
atau Personal Area Network
d. Kumpulan
beberapa komputer yang terdapat pada suatu area mencakup satu daerah
atau
wilayah yang saling terhubung antara satu komputer dengan komputer lain,
seperti
antar gedung kantor dalam suatu daerah.
e. Jaringan
Komputer yang saling terhubung antara satu dengan yang lain dengan
menggunakan
TCP/IP atau Transmission Control Protocol/Internet
Protocol yang
dapat
menghubungkn miliaran pengguna di seluruh dunia
5. Pedoman Penilaian
No.
|
Jawaban
|
Skor
|
A
|
Kumpulan beberapa komputer
yang terdapat pada suatu ruangan atau area yang tidak terlalu luas, dan
saling terhubung antara satu komputer dengan komputer lain
|
20
|
B
|
Internet
atau Interconnection-Networking
|
20
|
C
|
PAN atau Personal Area Network
|
20
|
D
|
Kumpulan beberapa komputer yang terdapat pada suatu area
mencakup satu daerah atau wilayah yang saling terhubung antara satu komputer
dengan komputer lain, seperti antar gedung kantor dalam suatu daerah.
|
20
|
E
|
Jaringan
Komputer yang saling terhubung antara satu dengan yang lain dengan menggunakan
TCP/IP atau Transmission Control
Protocol/Internet Protocol yang dapat menghubungkn miliaran pengguna di
seluruh dunia
|
20
|
Lampiran : Pengamatan Sikap
Kompetensi : PENGAMATAN SIKAP
Bentuk
Penilaian : NON TES
Nama
Sekolah : SMK NEGERI 1
KEPANJEN
Mata Pelajaran : JARINGAN DASAR
Materi Pokok : KONSEP TEKNOLOGI JARINGAN KOMPUTER
Kelas
/ Semester : XI (SEBELAS) / 1
(SATU)
Tahun Pelajaran : 2016
Alokasi Waktu : 3 X 45 MENIT
Pertemuan : 1
Tanggal
Pelaksanaan : 28 JULI 2016
Nama Peserta
Didik :
Nomor Absen :
1. Kompetensi Dasar
Memahami
konsep jaringan komputer.
Menyajikan
kebutuhan jaringan suatu organisasi.
2. Indikator
a. Menjelaskan macam-macam teknologi
jaringan komputer berdasarkan karakteristiknya.
b. Memahami konsep jenis-jenis
teknologi jaringan komputer PAN, LAN, MAN, dan
WAN.
No
|
Sikap
|
Kriteria
|
Hasil Pengamatan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1
|
Jujur
|
Melaporkan
data/informasisesuaidenganapa yang dibaca.
Menyampaikanpendapatdisertaidenganinformasidaribukusumber
yang dibacanya
|
||
2
|
Tanggungjawab
|
Melaksanakan
tugas sesuai dengan perintah
Menyelesaikan
tugas sampai selesai
|
||
3
|
Disiplin
|
Melaksanakan
dan menyelesaikan tugas sesuai dengan waktu
yang ditetapkan
|
||
4
|
Bekerjasama
|
Menghargai
pekerjaan teman dan berperan aktif dalam menyelesaikan tugas kelompok
|
||
5
|
Santun
|
Menyampaikan
pendapat dengan bahasa dan nada yang baik Menghargaia dan perbedaanya
|
Catatan:
Nilai
= (SkorPerolehan / SkorMaksimum)
SkorMaksimum = 20
- Rubrik
Aspek
|
Skor
|
Ket.
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
Keaktifan
|
Melakukan hal
lain ketika diskusi berlangsung
|
Diam ketika
diskusi kelompok berlangsung
|
Memberikan
pendapat atas topik yang dibahas dengan pasif
|
Memberikan
pendapat atas topik yang dibahas dengan aktif
|
Berinisiatif
memimpin jalannya diskusi dengan tertib
|
|
Santun
|
Menggunakan
bahasa gaul dan nada tinggi saat diskusi
|
Menggunakan
bahasa gaul saat diskusi
|
Menggunakan
campuran Bahasa Indonesia dan gaul
|
Menggunakan
Bahasa Indonesia
|
Menggunakan
Bahasa Indonesia dengan EYD
|
|
Tanggung
Jawab
|
Tidak mau
melakukan tugas diskusi
|
Pasif ketika
diskusi berlangsung
|
Mau melakukan
tugas diskusi
|
Membantu
mengorganisir kelompok diskusi
|
Menjadi
pemimpin diskusi
|
|
Kerja
Sama
|
Tidak ada yang
mengerjakan tugas diskusi
|
Hanya 1 Orang
yang melakukan tugas diskusi
|
Hanya 2 Orang
yang melakukan tugas diskusi
|
Hanya 3 Orang
yang melakukan tugas diskusi
|
Semua tugas
dibagi rata antar anggota
|
|
Disiplin
|
Menyelesaikandiskusi
melebihi 5 menit batas waktu yang diberikan
|
Menyelesaikan
diskusi melebihi 3 menit batas waktu yang diberikan
|
Menyelesaikan
diskusi sesuai batas waktu yang diberikan
|
Menyelesaikan
diskusi kurang dari 3 menit batas waktu yang diberikan
|
Menyelesaikan
diskusi kurang dari 3 menit batas waktu yang diberikan
|
Lampiran : Pengamatan Ketrampilan
Kompetensi : KETRAMPILAN
Bentuk
Penilaian : NON TES
Nama
Sekolah : SMK NEGERI 1
KEPANJEN
Mata Pelajaran : JARINGAN DASAR
Materi Pokok : KONSEP TEKNOLOGI JARINGAN KOMPUTER
Kelas
/ Semester : XI (SEBELAS) / 1
(SATU)
Tahun Pelajaran : 2016
Alokasi Waktu : 3 X 45 MENIT
Pertemuan : 1
Tanggal
Pelaksanaan : 28 JULI 2016
Isilah
dengan tanda centang (Ö ) apabila seorang siswa melakukan aktifitas !
No
|
Nama
|
AspekKeterampilan
*)
|
Nilai
**)
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
*) Keterangan
: **) KeteranganNilai :
1. Aktifitasbertanya Sangatterampil,
jika 5 keaktifitasan/akurasi
2. Aktifitasmenjawab Terampil,
jika 4 keaktifan/akurasi
3. Aktifitasmencatat Cukupterampil,
jika 3 keaktifan/akurasi
4. Akurasijawaban Kurangterampil,
jika 2 keaktifan/akurasi
5. Akurasipertanyaan Tidakterampil,
jika 1 keaktifan/akurasi
6. Rubrik
Ketrampilan
Aspek
|
Skor
|
Ket.
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
Keaktifan
|
Melakukan hal
lain ketika diskusi berlangsung
|
Diam ketika
diskusi kelompok berlangsung
|
Memberikan
pendapat atas topik yang dibahas dengan pasif
|
Memberikan
pendapat atas topik yang dibahas dengan aktif
|
Berinisiatif
memimpin jalannya diskusi dengan tertib
|
|
Santun
|
Menggunakan
bahasa gaul dan nada tinggi saat diskusi
|
Menggunakan
bahasa gaul saat diskusi
|
Menggunakan
campuran Bahasa Indonesia dan gaul
|
Menggunakan
Bahasa Indonesia
|
Menggunakan
Bahasa Indonesia dengan EYD
|
|
Tanggung
Jawab
|
Tidak mau
melakukan tugas diskusi
|
Pasif ketika
diskusi berlangsung
|
Mau melakukan
tugas diskusi
|
Membantu
mengorganisir kelompok diskusi
|
Menjadi
pemimpin diskusi
|
|
Kerja
Sama
|
Tidak ada yang
mengerjakan tugas diskusi
|
Hanya 1 Orang
yang melakukan tugas diskusi
|
Hanya 2 Orang
yang melakukan tugas diskusi
|
Hanya 3 Orang
yang melakukan tugas diskusi
|
Semua tugas
dibagi rata antar anggota
|
|
Disiplin
|
Menyelesaikandiskusi
melebihi 5 menit batas waktu yang diberikan
|
Menyelesaikan
diskusi melebihi 3 menit batas waktu yang diberikan
|
Menyelesaikan
diskusi sesuai batas waktu yang diberikan
|
Menyelesaikan
diskusi kurang dari 3 menit batas waktu yang diberikan
|
Menyelesaikan
diskusi kurang dari 3 menit batas waktu yang diberikan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar